Kamis, 13 November 2014

0

BAGAIMANA CARANYA MENGKONFIGURASI DNS SERVER PADA DEBIAN?



BAGAIMANA CARANYA MENGKONFIGURASI DNS SERVER PADA DEBIAN?


om swastyastu,, 
      apa kabar nih semua?? moga baik-baik aja yahhh,,. astungkara.., oh ya sekarang saya mau posting artikel yang berjudul Bagaimana Caranya Mengkonfigurasi DNS Pada Debian?, hehehe aneh kan judulnya kox berupa pertanyaan kayak gitu,, tapi gax apalah yang penting kn bukan cuman judulnya aja.. nah,, tapi ngomong-ngomong kita disini gx akan membahas judul yang aneh kan??,, sekarang saya akan menjawab pertanyaan dari judul postingan yang saya buat,. secara umum pengertian DNS (Domain Name Server) adalah suatu sistem dalam komputer server yang berfungsi sebagai penerjemah data host menjadi data ip atau sebaliknya, misalnya dalam browsing kamu mengetik alamat www.google.com dan masuk ke halaman yahoo kn udah biasa, tapi coba ketik alamatnya pakek alamat ip –nya google (173.194.126.116) pasti masuk ke google search kan??
      nah,, kyak gtu lah fungsinya DNS pada server DNS bisa merubah data host seperti www.google.com menjadi data ip-nya google, disini DNS tujuannya untuk memudahkan pengguna (user) untuk mengakses alamat host yang diinginkan,, kan gax mungkin banget bisa mengingat alamat ip-nya satu-persatu? hehehehe.. okelah itu tadi sedikit penjelasan DNS pada server. nah,, sekarang kita akan langsung mempelajari bagaimana cara mengkonfigurasi DNS di Server Debian.
sebelumnya siapkan alat-alat ini :
1
           - dvd installasi debian

pertama hidupkan komputer server debian, lalu ketik root dan masukkan password anda, oh, ya postingan ini adalah lanjutan dari postingan seblumnya yaitu konfigurasi ip alias pada debian, jika belum membaca klik disini.


 

kemudian masukkan dvd installasi debian pada dvdrom kemudian install paket bind9, dengan mengetik apt-get install bind9.
 



setelah itu edit file named.conf pada direktori bind, dengan mengetik nano /etc/bind/named.conf , kemudian masukkan script seperti gambar di bawah ini.
  
 
setelah selesai membuat script tadi, jangan lupa simpan lalu keluar (ctrl+x, y)
kemudian masuk ke direktori bind dengan mengetik  cd /etc/bind , lalu copy db.local ke db.fface dengan mengetik cp db.local db.fface
 



kemudian edit file db.fface dengan mengetik nano db.fface kemudian edit scriptnya agar seperti gambar di bawah ini, ganti semua localhost dengan focerface.co.id  



setelah selesai sekarang simpan lalu keluar dari file db.fface (ctrl+x, y)
sekarang copy file db.127 ke file db.200 dengan mengetik cp db.127 db.200 kemudian masuk ke file db.200 dengan mengetik  nano db.200 seperti yang tadi ganti semua localhost dengan focerface.co.id seperti gambar di bawah ini.






jika sudah sekarang simpan lalu keluar dari file db.200 , kemudian keluar dari direktori bind dengan mengetik cd , lalu restart paket bind9 tadi dengan mengetik  /etc/init.d/bind9 restart
 
sekarang test satu persatu host yang dibuat tadi, caranya ketik nslookup nama_host yang ingin anda cek(misalnya, ns.focerface.co.id, www.focerface.co.id, mail.focerface.co.id, ftp.focerface.co.id)
 
kemudian jika hasilnya sudah seperti gambar dibawah ini maka konfigurasi anda telah berhasil..
 

nahh,, itu aja cara mengkonfigurasi DNS pada Server Debian,, mudah bukan?? sekarang tinggal anda coba aja dirumah atau disekolah,, saran saya sih nanti kalo mau nyoba pakek install virtual aja biar tidak harus menginstall komputer asli dengan debian,, hehehe.. ya udah sekian dulu yahh,,, sampai jumpa lagi nanti SEE YOU NEXT TIME, GOOD BYE... J
salam FOCERFACE
Om, Santih, Santih, Santih, Om


catatan:
dalam konfigurasi di atas penulis menggunakan ip alias berikut sebagai:
1.      200.100.4.65(ip asli) = ns.focerface.co.id
2.      200.100.4.66 = www.focerface.co.id
3.      200.100.4.67 = mail.focerface.co.id
4.      200.100.4.68 = ftp.focerface.co.id
nah, sebenarnya semua ini bisa diganti sesuai selera anda dengan syarat di file db.fface dan db.200 ip yang sama harus berperan menjadi host yang sama pula misalnya, di file db.fface ip 200.100.4.66 sebagai host MAIL maka di file db.200 ip 200.100.4.66 harus sebagai host MAIL juga, jika tidak konfigurasi DNS akan gagal..
disini nama file db.fface disebut sebagai file forward  dan file db.200 disebut sebagai file reverse , untuk penjelasannya bisa anda car di mbah google. mungkin cuman itu saja,, trimakasih..

0 komentar:

Posting Komentar